Jumat, 05 Oktober 2012

TUGAS 1

ETIKA PROFESI AKUNTANSI

1.      Apa perbedaan etika dengan etiket?
Jawab:
Etika : Aturan yang mendasari baik buruknya suatu perilaku manusia dalam arti moral yang dapat dipandang dari segi batiniah. Etika selalu berlaku dalam situasi apapun, baik kita sedang sendiri atau bersama orang lain.
Etiket : Aturan yang mendasari baik buruknya suatu perilaku manusia dalam arti sopan santun yang dapat  dipandang dari segi lahiriah saja. Etiket tidak berlaku ketika kita sendiri atau tidak ada saksi mata dan orang lain disekitar kita, etiket hanya berlaku ketika ada orang lain di sekitar kita.

2.      Apa yang dimaksud dengan etika profesi akuntansi?
Jawab:
Etika profesi akuntansi : Suatu aturan atau norma dimana seorang akuntan memenuhi tanggung jawabnya secara profesionalisme dengan pertimbangan moral untuk kepentingan publik.

3.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggaran etika?
Jawab:
  • Tidak ada panduan atau pedoman suatu individu dalam menerapkan etika di suatu lingkungan
  • Tidak adanya pembetulan pada setiap perilaku individu yang telah melanggar etika sehingga seringkali berubah menjadi suatu kebiasaan
  • Tingkah laku dari kelompok individu itu sendiri
  • Lingkungan yang tidak moralistis
4.      Sebutkan jenis-jenis etika?
Jawab:
Etika secara umum, dapat dibagi menjadi:
a.  Etika umum : suatu aturan atau norma yang membahas tentang kondisi-kondisi dasar terhadap perilaku manusia secara moralistis.
b.    Etika khusus : suatu penerapan moral dasar terhadap aspek atau bidang yang khusus dalam kehidupan. Etika khusus dibagi menjadi dua:
·        Etika individual : Aturan atau nilai yang terkait dengan kewajiban dan tingkah laku manusia terhadap dirinya sendiri
·    Etika sosial : Aturan atau nilai yang terkait dengan kewajiban dan tingkah laku manusia sebagai anggota masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar